4 Cara cerdik bangun personal branding

Bisnis, tentunya selalu menarik untuk disimak. Hal pertama yang harus kita pahami dalam berbisnis adalah “ orang ingin berbisnis dengan orang BUKAN  perusahaan “ . Jadi , bagaimana mengembangkan kemampuan atau nilai seseorang dalam Personal Brand adalah hal yang harus kita cermati .

Dalam bisnis, nilai sebuah “brand”, merupakan faktor yang sangat penting . Bagaimana anda mengemasnya hingga disampaikan kepada publik , tentunya adalah faktor utama .Namun, diluar itu semua, yang terpenting adalah bagaimana anda sebagai pelaku bisnis, menampilkan citra anda.

Saat ini, personal branding memiliki nilai tinggi, karena faktanya publik lebih memilih percaya kepada orang dibandingkan perusahaan .Bahkan, personal branding yang baik, akan memberikan reputasi yang baik pula kepada perusahaan  .

Ini dia, 4 Hal cerdik yang bisa kita lakukan

  • DETAILKANBISNIS

Sebelum mengembangkan bisnis, yang harus dipahami adalah “kita ingin dikenal sebagai apa ?” . Buat hal yang detail misalnya marketing apartemen , atau guru les piano. Dengan membuat detail pada bisnis kita , secara tidak langsung membantu membentuk personal brand kita

  • BANGUN REPUTASI

Setelah membuat detail pada bisnis, sekarang saatnya anda membangun reputasi. Mulai dengan hal yang paling “menjual” dari bisnis anda. Lalu , buat ulasan dan rilis kepada publik. Biarkan publik membuat opini dan membuat nilai pada bisnis anda.

Semakin sering anda mengulas detail dari bisnis anda, semakin publik penasaran dan tertarik dengan orang dibelakang bisnisnya, yaitu ANDA.

  • CITRAKAN DIRI

Segera, setelah publik mulai mengenal bisnis anda, lalu kemudian membicarakan anda sebagai pemilik bisnisnya, bangun “bonding” melalui sosial media. Interaksi yang intens, dan pola komunikasi yang hangat, membuat nilai tambah untuk bisnis anda.

Kedekatan emosional yang dibangun antara pelaku bisnis dengan publik ( dalam hal ini konsumen ) membentuk opini positif yang berujung pada peningkatan citra.

  • TRUE STORY

Jika bounding sudah tercipta, yang anda butuhkan andalah memelihara kedekatan emosional. Buat orang percaya dengan sejarah bisnis anda yang real . INGAT! Orang ingin berbisnis dengan orang bukan dengan perubahan. Jadi , biarkan publik yang mempertegas personal brand anda.

Itulah 4 hal yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan personal branding terutama dalam berbisnis.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda. Jika anda ingin mengetahui dan mempelajarinya lebih lanjut, mari bergabung bersama Shafira Retail Institute

-Widya Libriawan-