9 tips
  • Hasilkan Sesuatu Setiap Harinya

Tuangkan waktumu semaksimal mungkin untuk menghasilkan sesuatu. Apapun itu ,yang terkait dengan hal positive maka lakukanlah !  Dalam  bisnis tentukan apa yang akan anda buat dengan cara mind mapping. Tuliskan apa saja yang akan dilakukan pada hari ini. Kemudian mulailah menulis dengan 1000 kata. Dengan menulis setiap hari, secara tidak sadar anda mulai mengerucutkan apa yang menjadi big goals.. Hal tersebut dapat membantu menentukan langkah yang paling baik untuk bisnis anda.

Di sisi lain secara psikologis ,  menghasilkan sesuatu setiap hari akan membuat kita cermat menentukan keputusan, juga lebih tangkas menyelesaikan suatu masalah. Jadi, mari mulai menulis GOAL anda hari ini.

  • Berhenti Sejenak Kemudian Cari Inspirasimu

Karena ingin bisnis berjalan dengan lancar anda seringkali mengesampingkan waktu untuk beristirahat dengan rutinitas berbisnis. Padahal sebagai  manusia kita sangat memerlukan sekali waktu beristirahat karena manusia mempunyai batas kemampuan dalam bekerja.

Pergi sejenak melupakan semua pekerjaan dan beristirahat itu sangatlah penting, karena sebagai manusia pasti mempunyai batas kemampuan untuk bekerja. Jadi waktu istirahat ini selain bisa mengembalikan kebugaran dari tubuh yang lemah karena bekerja, otak kita akan sendirinya me-refresh sehingga kita dapat kembali berfikir dengan baik.

“Buku adalah jendela dunia” peribahasa itu tentunya sering anda dengar bukan?. Peribahasa itu mengandung arti bahwa dengan membaca buku anda dapat menambah ilmu – ilmu baru, tetapi untuk sebuah inspirasi hanya membaca buku saja tidak cukup. Berjalanlah, pergi meninggalkan sejenak rutinitas bisnis. Selain dapat mengistirahatkan badan kita, pergi disini juga dapat mendatangkan inspirasi kreatif dan mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

  • Tingkatkan Loyalitas akan kewajiban

Banyak orang yang tidak betah dan bosan untuk memberikan kontribusi terhadap bisnis yang ia lakukan dan kemudian beralih kepada kebuntuan bisnis. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh dan sulit ditemukan. Banyak diantara kita yang kurang mencintai apa yang kita lakukan. Kemudian hanya berharap waktu bergulir dengan cepat agar proses bekerja segera berhenti. Menjadi musuh bagi kewajiban anda dan tertunduk layu saat harus bertanggungjawab.

Sebenarnya justru hal tersebutlah yang membuat bisnis anda semakin terpuruk. Saat ini mulailah untuk mencintai bisnis anda sendiri dan keluarlah dari kejenuhan yang anda buat sendiri. Mulai dengan memberikan perhatian yang cukup untuk bisnis anda.  Setelah anda mulai mencintai bisnis anda, maka anda akan memperhatikan segala kewajiban anda.kemudian terciptalah yang dinamakan loyalitas terhadap kewajiban. Anda akan sangat menikmati dan menghargai setiap kewajiban yang perlu anda taklukan.

Jadi tunggu apalagi? semuanya hanya tergantung dengan kecintaan anda terhadap bisnis yang anda miliki. Mulai cintai dan kemudian loyalitas terhadap kewajiban anda akan mempengaruhi kesuksesan bisnis anda. 

  • Tulis dan urutkan isi pikiran, lalu pilih ide terbaik anda

Mendapatkan ide tidak mudah apalagi mendapatkan ide yang sangat baik dan kreatif untuk sebuah bisnis,  itu lebih sulit lagi. Para pelaku bisnis sekarang dituntut untuk menawarkan atau menyajikan bisnisnya dengan kreatif, inovatif dan out of the box. Karena dengan perbedaan yang positif itulah bisnis anda dapat bertahan.

Cara termudah adalah ketika anda mendapatkan sebuah ide, mulailah untuk menulisnya dan menyimpannya kedalam memo. Sehingga dikemudian hari ide yang anda miliki akan semakin banyak dan ini merupakan cara agar anda memiliki tabungan ide. Setelah tabungan ide anda dirasa cukup banyak, anda dapat memilih kembali semua ide yang sudah ada untuk menjadi ide yang paling baik dan keren untuk anda aplikasikan kedalam bisnis.

Tunggu apalagi, mulailah dari saat ini, tulliskan setiap ide yang sempat terfikir dalam otak anda. Tuangkan kedalam sebuah tulisan. Pilih satu waktu tertentu untuk membaca kumpulan ide tersebut dan bersiap dengan ide-ide cemeralang yang anda-pun bahkan baru menyadarinya bahwa itu KEREN.

  • Mulailah perbanyak bertanya

“Malu bertanya, sesat dijalan” statement/ peribahasa tersebut sebenernya sangat berpengaruh untuk membuat pola bisnis yang anda kerjakan menjadi kreatif dan berkembang sesuai dengan harapan anda. Sebagai contohnya, banyak pebisnis yang memulai karier bisnisnya hanya didasarkan kepada apa yang ia pahami saa. Kemudian dipertengahan jalan ia menemukan sebuah kebuntuan dan bahkan kerugian material.

banyak aspek yang bisa membuat hal tersebut terjadi, dan penyebab yang paling “vokal” adalah malu bertanya kepada pengalaman orang lain.

Dengan anda memulai pertanyaan kepada orang lain, secara tidak langsung anda meningkatkan pengetahuan anda. Jangan hiraukan rasa malu anda sehingga anda mundur dan tak mendapatkan apa apa. jadi mulai saat ini, biasakan untuk membuat list pertanyaan untuk anda pertanyakan kepada (minimal) orang-orang dilingkungan sekitar anda.

  • Bekerjalah di waktu produktif anda

Rule is rule, jadi jangan sampai anda melanggar aturan yang anda buat sendiri. Bisnis apapun anda sekarang dimanapun bisnis anda sekarang, karena disitulah nilai dari keseriusan anda menjadi pelaku bisnis.

Waktu bekerja adalah point penting dalam sebuah bisnis, karena dalam waktu kerja itulah dapat terselenggaranya bisnis yang bagus. Kadang anda mengesampingkan itu karena beranggapan bahwa totalitas dan loyalitas adalah segalanya demi kemajuan dan perkembangan bisnis yang anda jalankan.

Sama halnya ketika ketika anda berkendara mobil atau motor, ketika dipaksakan anda pacu tanpa ada istirahat terlebih dahulu maka anda tidak akan sampai pada tempat tujuan tetapi kendaraan anda akan mengalami overheat dan akhirnya FAILED.

Begitupun dengan waktu bekerja, kamu harus mencari berapa lama dan kapan waktu yang dianggap paling tepat untuk bekerja sehingga menghasilkan kualitas dari pekerjaan yang anda kerjakan.

Jadi coba cari waktu yang menurut anda adalah waktu nyamanmu untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik. Karena percaya atau tidak, dalam 24 jam sehari ada beberapa jam yang paling membuat anda produktif untuk menghasilkan sesuatu.

  • Bangun relasi bisnismu seluas mungkin

Proses terjadinya pertukaran barang atau jasa dari pihak penjual dan pembeli atau konsumen merupakan proses dari sebuah bisnis yang didalamnya pasti terjadi sebuah komunikasi. Jadi komunikasi merupakan modal utama dari sebuah bisnis, karena hubungan yang baik dengan rekan bisnis merupakan efek dari baiknya komunikasi dengan rekan bisnis.

Kemampuan anda dalam menjaga komunikasi dengan rekan bisnis, akan sangat berpengaruh sekali terhadap masa depan bisnis yang anda jalani sekarang. Karena sesungguhnya jaringan komunikasi pada setiap pelaku bisnis adalah modal untuk menjadikan bisnis anda sekarang lebih baik dan berkembang. Menjaga dan memperluas jaringan komunikasi akan dengan sendirinya menjadikan bisnis anda semakin baik dan berkembang.

Manusia adalah makhluk sosial dan didalamnya terdapat komunikasi yang tidak akan pernah terlepas dari semua aktifitas didalam kehidupannya. Jadi mulai dari sekarang ayo jaga komunikasi anda terhadap rekan bisnis dan mulailah menghubungi kembali rekan bisnis terdahulu untuk memperluas dan memperkuat koneksi bisnis anda.

Semakin besar bisnis akan menjadi tolak ukur seberapa besar pula kemampuan anda dalam menjaga komunikasi atau hubungan dengan rekan-rekan bisnis anda.  Jadi mulai saat ini bangun komunikasi yang baik dengan setiap orang yang anda jumpai. Kemudian maksimalkan komunikasi anda menjadi sebuah tools untuk meningkatkan bisnis.

  • Berani Mengambil Resiko

Resiko adalah tahapan dari suatu bisnis dan resiko tidak akan pernah dihilangkan, mengapa demikian? Apapun bisnis anda sekarang dan seberapa besar bisnisnya tidak akan terlepas dari resiko. Bumbu-bumbu dari sebuah bisnis adalah adanya resiko didalamnya, dengan demikian anda harus bisa menerima resiko dari setiap hal yang akan dijalankan dalam bisnis anda.

Tidak dapat dihilangkan tapi dapat diperkecil itulah resiko, dan hampir semua pelaku bisnis setuju dengan pernyataan tersebut.  

Pada suatu waktu anda pastinya akan dihadapkan pada suatu pilihan dalam bisnis anda, diharuskan mengambil keputusan secepatnya. Kemampuan untuk menganalisis dan menilai dengan cepat pastinya dibutuhkan pada saat itu dan seringkali anda dihadapkan pada resiko-resiko yang akan  diterima dari keputusan tersebut.

Resiko sampai kapanpun akan tetap selalu hadir dalam bisnis anda, jadi jangan pernah mencoba menghindarinya dan sebaliknya anda harus mempersiapkan solusi dari resiko tersebut. Ketika anda harus mengambil resiko untuk kemajuan dan perkembangan bisnis anda maka jalanilah dan jangan pernah takut untuk gagal.

Jadi mulai saat ini, mulailah untuk berani menghadapi resiko karena semakin berani anda melangkah, maka semakin banyak pula pengalaman anda.

  • Sampingkan kemampuan, lalu lakukan!

Masalaha kali ini yang akan kita pecahkan menyangkut tentang kepercayaan diri dan keyakinan anda kepada diri anda sendiri. Dibeberapa kasus, kita terkadang merasa belum kompeten untuk melakukan hal yang dianggap besar. Dalam bisnis misalnya, acap kali seorang pebisnis menemukan kebuntuan ketika dirinya dipaksa untuk melakukan hal yang bukan “bidangnya”. Hanya berkeluh kesah, berdiam diri dan kemudian menunggu orang lain untuk mengerjakannya tentu bukanlah jawaban yang tepat.

Jangan ragu dan takut, tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak ingin untuk mencoba hanya akan membuat anda enggan untuk berbisnis. Dalam berbisnis anda harus tahu, ada satu power yang dapat mengalahkan rasa ketidak percayaan dalam diri anda, yaitu keyakinan dan kemauan untuk memulai.

Keyakinan dan kemauan untuk memulai adalah modal dasar dari semua ilmu pengetahuan yang anda punya sekarang, jadi ketika anda merasa krisis kepercayaan atas kemampuan yang dimiliki maka lakukanlah segera dan yakin bahwa bisnis anda itu harus segera dijalankan.

Teori dan konsep memang sangatlah penting, tapi action dari semua itu lebih penting. Jadi mari mencoba, dan lakukan sekarang, jangan buat nyali anda menciut untuk belajar.